NPWP / Nomor Pokok Wajib Pajak

Skeptis dengan pengelolaan pajak di Indonesia? Iya, hal ini memang menghalangi banyak orang untuk mendaftarkan dirinya menjadi pembayar pajak di negaranya sendiri. Padahal, terlepas dari itu, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP pribadi sebenarnya memiliki banyak fungsi.

Tidak ada salahnya juga kita berusaha menjadi warga negara yang baik dan taat pajak. Siapa tahu, nanti akan terus bermunculan warga negara seperti kita lalu berujung pada pengelolaan pajak yang bisa dirasakan oleh semua rakyat.

Nah, untuk merealisasikan ini, kamu perlu mengetahui apa saja yang dibutuhkan pada saat membuat NPWP. Sebelum mendaftar, sebaiknya siapkan dulu semua persyaratannya agar pembuatan NPWP bisa lebih cepat dan mudah.

Syarat membuat NPWP

Jika semua syarat membuat NPWP terpenuhi, proses pembuatan hanya memakan waktu 1 hari. Namun jika tidak, tentunya pembuatan bisa tertunda. Syarat untuk membuat NPWP ini berbeda untuk 3 jenis NPWP, yaitu NPWP karyawan, NPWP wiraswasta, dan NPWP yang telah menikah.

Syarat bagi karyawan atau pekerja kantor

Ini adalah pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak bagi orang pribadi yang tidak memiliki usaha dan bekerja sebagai karyawan. NPWP ini berlaku bagi warga negara Indonesia dan asing yang bekerja di Indonesia.

Yang perlu dibawa pada saat mendaftar untuk NPWP karyawan adalah:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk atau KTP bagi warga negara Indonesia
  2. Bagi warga negara asing, membawa fotokopi paspor dan kartu izin tinggal seperti KITAP atau KITAS
  3. Fotokopi Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Bagi pegawai negeri, bisa membawa SK atau Surat Keputusan.
  4. Mengisi formulir pendaftaran NPWP yang ada di kantor pajak

Syarat bagi wiraswasta atau pengusaha

Yang termasuk pada golongan wiraswasta adalah mereka yang memiliki usaha atau pekerjaan bebas. Kamu yang berprofesi sebagai pekerja dengan keahlian tertentu masuk ke dalam kategori ini.

Ingat, untuk membuat NPWP wiraswasta, kamu harus datang mendaftar sendiri dan tidak bisa diwakilkan. Syarat untuk membuat NPWP wiraswasta adalah:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
  2. Fotokopi surat keterangan usaha atau disebut juga dengan SKU dari kelurahan atau departemen yang berkaitan dengan bidang usaha kamu
  3. Mengisi formulir pernyataan usaha yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000
  4. Mengisi formulir pendaftaran NPWP yang ada di kantor pajak

Syarat bagi wanita yang sudah menikah

Pada umumnya, pajak karyawan dan pengusaha pria sudah termasuk pendaftaran administrasi pajak untuk semua orang di keluarga yang menjadi tanggungannya. Jadi, keberadaan wanita dan anak-anaknya ada di dalam tanggung jawab pajak pria.

Seandainya ada kasus bahwa sang istri lebih dominan dalam hal penghasilan, NPWP tetap dibebankan atas nama suami dalam cara pandang pajak. Segala keperluan istri yang membutuhkan NPWP bisa memanfaatkan NPWP suami.

Namun, adakalanya istri memiliki usaha sendiri atau bekerja sehingga menginginkan penghitungan pajak yang terpisah. Untuk keperluan itu, bisa dibuatkan NPWP wanita kawin. Syarat yang diperlukan untuk membuat NPWP wanita kawin adalah:

  • Fotokopi NPWP suami
  • Fotokopi KTP sendiri
  • Fotokopi Kartu Keluarga atau KK
  • Fotokopi Surat Keterangan Kerja dari perusahaan. Bagi pegawai negeri, bisa membawa SK atau Surat Keputusan.
  • Fotokopi surat perjanjian pemisahan penghasilan dan harta. Surat ini menyatakan bahwa kedua belah pihak menghendaki pemisahan pelaksanaan hak dan kewajiban antara suami dan istri.
  • Mengisi formulir pendaftaran NPWP yang ada di kantor pajak

Bagaimana dengan warga negara yang belum bekerja? Sebenarnya, mereka yang belum bekerja tidak diwajibkan untuk memiliki kartu NPWP. Ini dikarenakan kantor pajak memiliki batasan minimum pendapatan yang bisa dikenakan pajak oleh pemerintah.

Hal ini dikenal dengan Penghasilan Tidak Kena Pajak atau PTKP. PTKP terakhir ditetapkan pada angka Rp4.500.000 per bulan atau sekitar Rp54.000.000 per tahun. Jadi, bagi kamu yang memiliki pendapatan di bawah angka tersebut, tidak diwajibkan untuk memiliki NPWP.

235total visits,2visits today